D3 – ADMINISTRASI BISNIS

Program Studi Administrasi Bisnis D3

Menghasilkan  tenaga ahli  administrasi bisnis tingkat madya yang mampu  mengelola sistem a (Office Manager) dan melaksanakan aktivitas manajemen fungsional dengan dukungan teknologi informasi secara profesional, bersertifikasi internasional bidang komputer dan bahasa Inggris.

  • Profesi Lulusan
  1. Office Manager
  2. Pengelola Otomatisasi Perkantoran
  3. Corporate Secretary
  4. Personal Assistant

A. Tujuan Kurikuler

Menghasilkan tenaga ahli madya di bidang digital administrasi bisnis dan kewirausahaan yang mampu mengelola sistem otomatisasi perkantoran dan bisnis serta melaksanakan aktivitas pendukung manajemen fungsional dengan memanfaatkan teknologi digital, bersertifikat Internasional Microsoft Office Specialist (MOS), Bahasa Inggris (TOEIC), Administrasi Perkantoran (BNSP) dan Manajemen-Service Excellent (AMA Indonesia).

  • Microsoft Office Specialist (MOS)

Microsoft Office Specialist (MOS) adalah sertifikasi berskala global yang menunjukan kemampuan dalam menggunakan program-program dari Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, Microsoft Access, Microsoft SharePoint. Lebih dari 1 juta tes setiap tahunnya dilaksanakan di lebih dari 140 negara di dunia.

  • Bahasa Inggris (TOEIC)

Bahasa Inggris (TOEIC)The Test of English International Communication adalah tes yang dilakukan untuk menguji kemampuan seseorang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Tujuan tes ini adalah mengukur seberapa jauh kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris untuk digunakan dalam ruang lingkup kerja dengan standar Internasional.

  • Administrasi Perkantoran (BNSP)

Administrasi Perkantoran adalah suatu bidang studi dan praktek yang berkaitan dengan manajemen dan operasi kantor. Administrasi perkantoran melibatkan berbagai tugas dan tanggung jawab seperti mengelola informasi, menjalankan sistem komunikasi, mengorganisir dan mengelola dokumen, serta mendukung kegiatan-kegiatan administratif lainnya di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengembangkan sistem sertifikasi profesi di Indonesia.

  • Manajemen-Service Excellent (AMA Indonesia)

Manajemen-Service Excellent (AMA Indonesia) adalah pelayanan prima, dapat diterapkan pada semua jenis usaha, baik itu barang maupun jasa, layanan masyarakat maupun produk pangan demi terciptanya pelanggan yang puas dan loyal.

B. Deskripsi Profil

Profil Lulusan :

1. Staf Administrasi Perkantoran

Mampu melakukan fungsi resepsionis, operator komputer, operator telepon, dan menjalankan tugas-tugas administrasi serta mengelola data/dokumen melalui pemakaian software yang sesuai, dan membangun hubungan baik dengan personil di Internal maupun eksternal perusahaan.

2. Staf Administrasi Manajemen Fungsional

Mampu melakukan tugas yang mendukung operasional dan keberlanjutan organisasi serta harus memiliki keterampilan organisasi, kemampuan komunikasi, ketelitian dan kepatuhan terhadap detail. Beradaptasi dengan teknologi terbaru dan memiliki kemampuan multitugas.

3. Sekretaris Eksekutif/Pimpinan

Mampu melakukan tugas yang mendukung administrasi manajemen bisnis/pimpinan dalam melaksanakan tugas-tugas harian, baik yang rutin maupun khusus. Terampil Menerapkan prinsip-prinsip manajemen administrasi dengan menggunakan beberapa metode serta kemampuan memimpin: mahir menggunakan komputer, mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan seluruh pimpinan/manajemen.

4. Asisten Manajer Administrasi Kantor

Mampu menjalankan tugas-tugas yang mendukung kelancaran administrasi manajemen/kantor dan membantu kegiatan manajer administrasi kantor.

5. Startup Entrepreneur/Wirausahawan (bisnis skala UMKM)

Mampu membangun usaha baru dengan menerapkan ilmu kewirausahaan sejalan dengan kemampuan teknis dan etika berwirausaha, memiliki kemampuan analisis bisnis sehingga dapat memahami peluang dan resiko dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.